Manfaat Silaturanmi Dalam Islam

Silaturahmi
Silaturahmi merupakan ibadah yang mulia, mudah dan membawa berkah. Karena itu silaturahmi ibadah yang paling indah berhubungan dengan manusia. sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan ibadah ini. Allah ta'al pun memperingatkan bagi orang yang memutuskan silaturahmi dalam firmannya :
"Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka.” (QS Muhammad :22-23)


memutuskan tali silaturahmi adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh agama islam, dan Allah pun berfirman : “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S An-Nisaa’ : 1)


  sebenarnya arti silaturahmi itu sendiri adalah mengikat tali persahabatan tanpa melihat siapa dia dan tanpa memandang waktu yang tepat dan juga boleh dilaksanakan ke siapa saja, artinya tanpa memandang status seseorang, jalinan persahabatan selalu harus di jaga. adapun manfaat silaturahmi adalah memupuk rasa cinta dan kasih terhadap sesama sehingga diharapkan terjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

  Kini dapat kita mengerti, betapa pentingnya silaturahmi dalam Islam. Maka melihat pentingnya silaturahmi tersebut, berikut merupakan 10 manfaat Silaturahmi menurut Abu Laits Samarqandi, yaitu:

1. Mendapatkan ridha dari Allah SWT.
2. Membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah    SAW, yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia."
3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.
4. Disenangi oleh manusia.
5. Membuat iblis dan setan marah.
6. Memanjangkan usia.
7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.
8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.

9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.

10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

 

Sumber :
 http://dkmibadurrahman.lk.ipb.ac.id/2013/03/10/manfaat-silaturahmi-dalam-islam/
Sumber gambar :
 http://mlapak.com/wp-content/uploads/2012/08/Manfaat-Silaturahmi.jpeg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang saya dan RGI